Karburator motor yang kotor dapat menyebabkan berbagai masalah, akan lebih baik jika bisa diservis sendiri dari pada dibawa ke bengkel yang mungkin menambah biaya yang berlebihan. Karburator mengatur jumlah udara dan bahan bakar masuk ke silinder, sehingga tetap terjaga dalam pengkabutan dan ini sangat penting untuk kinerja mesin. Sementara membersihkan karburator sendiri dapat pekerjaan yang rumit, kita dapat melakukan sendiri dan menghemat uang.

  Apa yang anda Butuhkan
     * Ruang kerja yang bersih
     * Alat pembersih karburator
     * Tool kit
     * Kain bersih
     * Sikat gigi atau sikat pembersih kecil
     * Kompresi udara
     * Wadah minyak
     * Manual untuk model karburator

Langkah 1 - Lepaskan Karburator

Matikan keran dan lepaskan selang ke karburator, kuraslah dahulu bensin dalam karburator ke dalam wadah dan amankan. Bila sudah yakin semua keluar, bukalah manual book bagaimana langkah-langkah membuka karburator. Hati-hatilah dalam melepaskan baut dan membuka bagian-bagian karburator karena terbuat dari aluminium.
Lepaskan kabel olor dan perhatikan posisinya agar tidak keliru dalam memasang. Bila perlu tandai setiap bagian dengan pita jika anda adalah seorang pemula pada perbaikan sepeda motor.

Langkah 2 - Lepaskan dan Bersihkan pelampung

Letakkan karburator di atas kain bersih dan gunakan obeng untuk membuka pelampung. Jika terjebak, memberikan tekan lembut untuk melonggarkan itu, sampai tetes.
Setelah itu tidak aktif, bersihkan dengan pembersih mangkuk karbohidrat dan lap, menghapus menguras mangkuk, dan menilai kebutuhan pembersihan sisa karburator.

Langkah 3 - Bagian Kecil

Periksa bagian yang rusak dan berkarat yang mungkin perlu diganti, dan mencatat setiap bagiannya. Menggunakan sikat gigi, menggosok dari setiap lekuk sudut-sudutnya.
Berhati-hatilah dari setiap daerah di mana mungkin masih ada beberapa bensin yang terkumpul.
Pastikan untuk memeriksa pelampung, katup pelampung dan dudukan, pilot jet, sekrup udara, pemegang jet, dan skep throttle. Gunakan kompresor untuk membersihkan kotoran di setiap lubang tabung. Anda juga dapat menggunakan tusuk gigi untuk memaksa kotoran keluar.
Bersihkan semua bagian dengan merendam dalam pembersih karburator. Ketika gunk yang melemaskan, bersihkan dan mengganti potongan.

Langkah 4 - Karburator Dibersihkan

Semprot semuanya dengan pembersih sampai mengkilap dan bersihkan dengan kain bersih. Pasang kembali bagian-bagian itu dengan benar, kemudian pasang olor ke karburator tinggal pasang ke mesin dan siap digunakan.
(diy.com)